Mendaftarkan Merk Dagang

20131007_120555 Karena ada pertanyaan dari temen sehubungan dengan pengurusan merk dagang, berikut cerita saya tentang mengurus merk Coklat Monas

Akhirnya saya berhasil mendaftarkan merk “Monas” sebagai merk coklat yang sedang saya kembangkan saat ini. emang sih belum ada jawaban berhasil/tidaknya, karena butuh waktu paling cepat 1 tahun u/ dapat jawabannya.

Ternyata tidak sulit untuk mendaftarkan merk sendiri, tanpa menggunakan konsultan. Jujur tadinya saya ingin memakai konsultan untuk daftar merk…..tapi kok mahal juga yah klo pake konsultan. Dari beberapa konsultan yang saya tanya harga untuk daftar merk antara 1jt – 1,5jt. Sedang biaya normal mendaftarkan merk adalah sebesar 600rb. Nah untuk tahu biayanya juga bisa diliat di website HAKI www.DGIP.go.id  di website itu informasi tentang HAKI lengkap, termasuk bisa dowload formulir yang dibutuhkan.

20131007_131310  So, bagaimana caranya daftar merk…ini based pengalaman saya kemarin ya

  1. Pastikan merk yang ingin didaftarkan belum terdaftar. Nah untuk ini kamu perlu mengeceknya terlebih dahulu, bisa lewat konsultan merk dan biasanya ini gag free, atau datang ke klinik HAKI yang ada di Departemen Perindustrian.
  2. Bila merk yang kamu inginkan masih ada dan ingin didaftarkan, maka kita perlu download formulir pendaftaraan merk di website HAKI ( DGIK.go.id)
  3. Nah dengan membawa formulir yang telah diisi serta persyaratan lainnya
    1. 4 copy pendaftaran merk,
    2. surat pernyataan yang bermaterai serta
    3. 20 lembar label merk yang akan didaftarkan
  4. letak kantor HAKI di Daan Mogot (bagi yg naik kendaraan umum bisa naik busway ke kalideres dari situ lanjut naik angkot yang ke Kotabumi/serpong dan berhenti di depan kantor HAKI yang letaknya sebelah penjara)
  5. Setelah sampai sana, prosesnya sama kaya di bank, ambil no dan dipanggil untuk verifikasi. Bila verifikasi ok, kita pergi ke bank untuk bayar biaya pendaftaran merk
  6. Bukti pembayaran serta dokumen lainnya lalu diserahkan kembali untuk dicek dan diberikan tanda terima
  7. Tunggu 1 tahun atau lebih

Untuk UKM yang ingin mengkonsultasikan tentang HAKI sebenarnya bisa dapat dapat konsultasi gratis di Departemen Perindustrian, ada klinik khusus HAKI yang bisa membantu kita bila ingin melakukan konsultasi. Disana juga bisa bila kita ingin mendaftar merk dengan gratis, tetapi ya itu perlu menunggu, karena ada quota serta yang mengajukan pendaftaran merk disana juga banyak dari seluruh Indonesia.

Semoga membantu temans🙂

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: