Sekilas tentang Target Market

target market Kepikiran ingin membuat artikel ini bermula dari comment di blog yang menanyakan tentang target market, so mari kita bahas tentang target market as simple as possible🙂

Secara sederhana target market merupakan pasar yang kita tuju sesuai dengan produk yang kita jual. So pasar disini sebisa mungkin dibuat secara spesific. Contohnya bila kita ingin menjual kosmetik maka kita harus jelas kosmetiknya untuk siapa pria/wanita, berapa range usianya, apakah remaja/ibu2, bagaimana dengan gaya hidupnya, dimana dia akan belanja kosmetik, apakah dia belanja di Metro/Matahari/ Ramayana, berapa kira2 penghasilannya, dll. Semakin lengkap data yang kita miliki, semakin spesific target market yang kita tuju sehingga semakin mudah kita menggapai target market yang kita tuju.

Selain hal diatas, untuk menandai target market, dikenal istilah target market A,B,C apakah artinya ini ? nah mari kita bahas lebih jauh mengenai ini.

Target market A merupakan target market untuk kelas atas. Ciri-cirinya pendidikan tinggi, penghasilan sudah 2 digit, tidak memperhitungkan harga tapi lebih melihat dari kwalitas. Mall di Jakarta untuk target market ini contohnya Plaza Indonesia, Grand Indonesia, PIM. Bila ingin menjual ke target market ini diperlukan biaya yang besar, secara menyewa tempat di mal2 yang disebut diatas bisa dibilang mahal.

Target market B merupakan target market untuk kelas menengah. Ciri-cirinya penghasilan mungkin belum sampai 2 digit, tapi kebutuhan primer (sandang, pangan papan) biasanya bukan masalah utama keuangan mereka, kwalitas penting tapi harga jadi pertimbangan. Mall di Jakarta yang sesuai dengan target market ini contohnya Blok M Plaza, ITC Kuningan, Plaza Semanggi.

Target market C merupakan target market untuk kelas bawah. Ciri-cirinya gaji tidak besar, memenuhi kebutuhan hidup seperti sandang, pangan, papan masih merupakan masalah keuangan yang dihadapinya, harga menjadi pertimbangan yang penting. Contoh mall di Jakarta yang sesuai dengan target market ini adalah blok m square, kalibata Mall.

Sebenarnya aga sulit juga untuk menetapkan apakah mall ini sesuai dengan target market A/B/C salah satu alasannya orang datang ke mall bukan hanya untuk belanja tapi lebih sering untuk jalan2, gag perlu belanja juga kan klo datang ke mall.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: