Website Coupon…..a new way for Promotion

kupon Teman-teman sudah pasti tau donk sekarang udah banyak banget website kupon, kalo saya gag salah udah ada sekitar 15-an. Website kupon yang saya maksud adalah, itu tuh website yg ngasih diskon, kaya Disdus, Lakupon.com, living social, dll.

Sebagai customer kita mah senang2 aja dengan hadirnya website2 itu, secara bisa dapatin harga barang dengan lebih murah, dan ini pun tidak hanya untuk barang2 doang, tetapi juga restoran, hiburan, paket liburan, sampe paket2 kesehatan pun dijual di sana…..dan yang gag kalah seru,  diskon nya itu loh, bisa sampe 90% …..cckkkkk apakah pemilik bisnis gag rugi tuh dengan harga yang seperti itu.

So, let see from the point of business owner…..but before that, mari kita liat bagaimana sih sebenarnya sistem yang ditawarkan oleh perusahaan2 kupon tersebut, contoh yang saya ambil adalah paket spa.

Harga normal paket spa adalah 250rb. Untuk bisa promo di website kupon, minimal diskon yang ditawarkan adl 60% (klo soal ini tiap perusahaan kupon punya kebijakan yang beda2). So, based on that, lets say we give 70% jadi harga paket spa setelah diskon adalah 175rb, dan inilah harga yang dipajang di website. Harga 175rb ini, gag semua akan diterima oleh merchant, tetapi perusahaan kupon akan memotongnya untuk fee mereka let say 60:40 (60 u/ merchant, 40% u/ perusahaan kupon). Diakhir periode penjualan kupon maka merchant akan mendapatkan 105rb dikali dengan banyaknya kupon terjual.

Apakah sistem ini merugikan business owner? Dimana keliatannya harga yg diberikan murah bangget, sepertinya tidak juga, karena bila melakukan promosi lewat website2 kupon itu dan ada yang beli, masuknya adalah untuk biaya promosi daripada untuk penjualan karena kemungkinan harga jual yang diberikan lebih rendah dari biaya produksi.

Berikut adalah beberapa website kupon

  1. Disdus
  2. Living Social
  3. Lakupon
  4. Streetdeal
  5. Plusku (khusus untuk services, spt spa, perawatan gigi)
  6. Dll….

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: