Bisnis Event Organizer

eo Ingin buat bisnis tapi modal terbatas, atau malah tidak ada modal. Nah ini adalah salah satu model bisnis dengan modal nol…..yup Event organizer (EO) merupakan usaha yang bisa dilakukan oleh teman-teman tanpa modal.

Sudah beberapa tahun terakhir ini, bisnis EO tumbuh seperti jamur di musim hujan. Menurut Wikipedia, Event Organizer (EO) adalah istilah untuk penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Pada dasarnya, tugas dari EO. adalah membantu kliennya untuk dapat menyelenggarakan acara yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan sumber daya atau waktu yang dimiliki klien, namun penggunaan jasa EO. juga dimungkinkan dengan alasan agar penyelenggaraannya profesional sehingga hasilnya lebih bagus daripada bila dikerjakan sendiri

Menurut Wikipedia lagi, terdapat beberapa jenis Eo antara lain adalah:

  • One Stop Service Agency: E.O. besar yang mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala internasional sekalipun.
  • MICE: (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). E.O. yang khusus bergerak di bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
  • Brand Activation ; adalah EO yang secara spesifik membantu client-nya untuk mempromosikan dalam rangka peningkatan penjualan, peningkatan pengenalan merk di kalangan konsumen, dengan berinteraksi langsung ke target marketnya.
  • Musik dan Hiburan: E.O. yang memiliki spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
  • Penyelenggara Pernikahan: E.O. yang mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
  • Penyelenggara Ulang Tahun: E.O. yang ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
  • Penyelenggara Pribadi: E.O. khusus yang bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.
  • Promosi Brand, Marketing mix, outdoor/indoor.

Untuk tulisan kali ini saya akan lebih mengupas, EO yang sering mengadakan seminar…seperti kita ketahui, hampir setiap minggu seminar selalu ada…mulai dari seminar motivasi, wiraswasta, dlll…

So…apakah sih keuntungan jadi EO, berikut adalah keuntung2nya

–       Bila kita bisa melakukan perencanaan keuangan dengan baik, maka bisnis EO bisa menjadi bisnis tanpa modal

–       Dengan menjadi EO kita bisa bertemu dengan berbagai macam orang sehingga bisa melatih kemampuan komunikasi kita. Selain itu, kita pun bisa bertemu dengan orang-orang yang hebat yang menjadi bintang tamu di acara EO kita.

 

Bagaimana caranya kita bisa merintis usaha EO

  1. Memiliki team yang solid

Tidak bisa dipungkiri bisnis EO merupakan bisnis team…loyalitas dan solidaritas antar team sangat diperlukan di bisnis EO ini, karena sering pada saat akan mempersiapkan event merupakan saat-saat yang rawan konflik.

 

  1. Memiliki ide-ide kreatif serta inovatif

Keberhasilan sebuah even tergantung dari kreatif/tidaknya event tersebut. EO perlu membuat event tersebut menarik agar para pengunjung event tersebut terhibur dan akan memuaskan keinginan klient bahwa acaranya berhasil.

 

  1. Relasi bisnis yang kuat

Salah satu keunggulan EO adalah bisa menjadi usaha tanpa modal….nah ini lah yang menjadi modalnya relasi bisnis yang kuat. Karena dengan relasi yang kuat, EO bisa mendapatkan sponsor yang yang akan membiayai event tersebut.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: