Lets talk about MAPI

Hi readers…..

been long time not to write in this blog again, first I would like to say

“Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf lahir dan bathin”

MAPI kali ini saya akan membahas khusus tentang saham MAPI atau PT. Mitra Adi Perkasa Tbk, alasannya adalah, saya punya saham ini dan in last this 3 month value dari saham ini telah turun hampir 1/2 harga dari harga awal ketika saya beli, yang menyebabkan saya mengalami unrealized loss yang lumayan untuk nambah2 modal. Intinya adalah saya gagal cut loss and there is unrealized loss yang lumayan, nah sekarang apa yang harus saya lakukan, apakah saya harus cut loss dengan loss yang lumayan atau lakukan penambahan saham dengan membelinya di harga sekarang, so lets do the analysis….

yuk kita kenalan dulu dengan MAPI, MAPI merupakan sebuah perusahaan yang memegang merk ritel untuk kalangan menengah ke atas di Indonesia. Merk yg dipegang MAPI antara lain, Starbucks, Sogo, Burger King, Kidz Station, dll. untuk lebih jelasnya bisa baca di websitenya MAPI http://www.map-indonesia.com

Ok, karena memegang merk, maka perusahaan ini mendapatkan uang dari toko/restaurant/ outlet yang dikelolanya.  Mudahnya begini, MAPI mendapatkan pemasukan dari penjualan yang dilakukan di Starbuck, Sogo, dll. Semakin banyak yg minum di Starbuck, belanja di Sogo, beli Max Marra maka pendapatan yang diperolah MAPI akan bertambah banyak.

Now, lets talk about risk, apa sih resiko nya MAPI dan kenapa harga sahamnya bisa turun dengan cepat 3 bulan ini (selain dari kondisi ekonomi dunia yg emang sedang turun) padahal kan seharusnya masa lebaran menjadi salah satu masa di mana pendapatan MAPI naik karena banyak orang yg belanja baju n kebutuhan pokok di Sogo, Debenhams, dll. Hal ini lebih disebabkan karena kenaikan UMR, dimana sebagai perusahaan ritel, MAPI perlu banyak mempekerjakan orang untuk melayani pembeli di outletnya. sehingga pada akhirnya ini membebani biaya gaji pegawai dan mengurangi pendapatan yang ada. Hal ini ditambah lagi dengan ekspansi bisnis yang dilakukan oleh MAPI dalam membuka outlet baru.

So, bagaimana masa depan MAPI, apakah worthed it untuk menambah saham di bawah, I think YES….. here are some of the reason

1. Ekspansi usaha yang dilakukan oleh MAPI untuk mendirikan outlet2 baru pada saat ini, akan mengurangi pendapatan yang didapatnya, but in long term, this could be a booster in their revenue.

2. Kenaikan biaya tenaga kerja karena naiknya UMR yang menjadi salah satu sebab penurunan harga saham MAPI, in long term akan dapat diatasi oleh MAPI, dengan penambahan revenue yang mereka dapatkan.

3. Perekonomian Indonesia membaik, n semakin banyak kelas menengah yang naik tingkat ke menengah atas di Indonesia, so pangsa pasar MAPI akan bertambah banyak

4. at last…… Siapa sih yang gag suka Starbuck….. walaupun kopi disini harganya berkali-kali lipatnya dari kopi di warung kopi, tapi worthed it, you got the lifestyle, the look, and surely the coffee and some people says, they cant life without Starbucks.

Ok, sekian sedikit analisa tentang MAPI, lain kali saya mungkin akan membahasnya dari segi laporan keuangan nya.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: