Memilih Saham IPO

IPO Pagi ini saya tergoda untuk mencari informasi tentang 2 perusahaan yg akan IPO bulan Juni ini, which are Semen Baturaja n PT Saratoga Investama Sedaya yg dimiliki oleh si gandeng Sandiaga Uno.

Kedua perusahaaan ini sangat2 berbeda, yg 1 perusahaan semen, yg 1 nya perusahaan private investment ( spakah perusahaan private investment, akan kita bahas lain kali :p )  So, pastinya penilaian 2 persahasn ini juga akan berbeda. Sebenarnya bagaimana sih, menilai perusaan yg akan IPO, berikut bbrp tips u/ menilai perusahaan yg akan IPO

1. Pelajari perusahaan tsb. Mempelajari perusahaan bisa dari laporan keuangan, artikel n pastinya om Google. Dari sini, kamu bisa belajar bgmn fundamental perusahaan tsb, mulai dr bgmn perusahaan itu menghasilkan uang, apa aja cost perusahaan tsb, bgmn kepemilikinnya, hutang2nya dan manajemen perusahaan ini. Based on this kamu bisa menganalis bagaimana perusahaan ini ke depannya.

2. Dari laporan keuangan jg akan didapatkan rasio2 yg digunakan untuk menilai n membandingkan perusahaan yg akan IPO dgn perusahaan yg telah melantai di bursa, tp ini dgn catatan, klo perusahaan dgn industri sejrenis telah jd perusahaan public ya. Cth, u/ semen Baturaja, rasio2 keuangannya bisa dibandingkan dgn perusahaan semen lainnya, kaya semen holcim, gresik (SMCB SMGR). Tetapi u/ Saratoga susah untuk dibandingkan dgn perusahaan sejenis, krn di Indonesia, Saratoga menjadi perusahaan private investment pertama yg melantai di bursa.

3. Hal lain yg perlu di perhatikan adalah manfaat yg didapat dr dana IPO yg berhasil didapat oleh perusahaan. Seperti kita ketahui IPO digunakan u/ mengumpulkan dana dr investor di bursa, nah dana itu nanti nya akan dipergunakan u/ apa oleh perusahaan. Informadi ttng ini bisa didapat dr artikel2 yg menyangkut tentang IPO perusahaan tersebut.  Saya pribadi akan menilai lebih perusahaan yg menggunakan IPO nya u/ pengembangan perusahaan ke depannya, seperti dana IPO akan digunakan u/membeli mesin memperbesar industri, beli lahan u/ tambah pabrik, daripada bila perusahaan menggunakan dana hasil IPO nya u/ membayar hutang.

So, based on this, saya akan lebih memilih untuk membeli IPO saham Baturaja, drpd Saratoga.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: