Tips Keuangan bagi Para Starter

20financialplanning Starter merupakan orang-orang yang baru mulai perjalanan keuangan, baik itu yang memiliki bisnis dan bisnisnya sudah mulai menghasilkan ataupun para orang karyawan baru yang baru lulus kuliah dan mulai bekerja.

Ketika kita baru mulai bekerja, biasanya kita ingin selalu menghabiskan uang yang kita miliki untuk bersenang-senang, membeli gadget terbaru, membeli mobil, menghabiskannnya di cafe bersama teman-teman dan lain2 yang akhirnya uang tersebut habis tidak tersisa atau malah menghasilkan utang kartu kredit. Berikut adalah beberapa perencanaan keuangan bagi yang baru lulus kuliah

  • Mulailah mengumpulkan dana untuk pensiun secepat mungkin. Walaupun perusahaan tempat kamu bekerja sudah menyediakannya melalui jamsostek, tetapi punya dana pensiun sendiri akan sangat lebih baik. Memulainya dengan segera juga memberikan dampak yang signifikan dalam tumbuhnya uang. Liat contoh di bawah ini Ketika kamu berumur 25 tahun kamu mulai mengumpulkan dana pensiun sebesar 100ribu / bulan. Karena jangka waktu yang panjang, kamu menginvestasikannya di reksadana saham dengan target return 25% maka diusia 65 tahun uang kamu akan menjadi kira-kira 637 juta. Coba jika kamu memulainya 10 tahun kemudian, yaitu diusia 35 tahun, maka ketika usia 65 tahun, uang kamu menjadi kira-kira 227 juta. Terlihat kan semakin cepat memulai akan semakin cepat uang terkumpul, inilah yang dimaksud bunga berbunga atau the magic of compounding
  • Pahami nilai dari uang. yup memang ada pepatah yang mengatakan money cant buy you happines, tetapi menangis di dalam Merci akan lebih enak daripada didalam metromini ;p. Pahami bahwa uang yang kamu hasilkan karena merupakan pertukaran dari waktu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.
  • Gunakan kartu kredit dengan bertanggung jawab. Menggunakan kartu kredit memang menyenangkan, tinggal gesek sudah bisa belanja, seperti tidak menggunakan uang tunai. Tetapi jangan lupa didalam situ terdapat bunga yang besar, yang perlu dibayarkan untuk pembelanja tersebut.
  • Siapkan dana darurat untuk sesuatu yang tidak terduga, seperti bila tiba-tiba kehilangan pekerjaaan, mengalami kecelakaan, dll.  nah ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi, dana darurat bisa menjadi penyelamat. Untuk single rule of thumbnya untuk dana darurat adalah sebesar 1-3 bulan pengeluaran bulanan.
  • Belajarlah tentang Investasi. Investasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan uang yang kita miliki. Make money works for you. Dengan belajar tentang investsi kamu dapat mengetahui apa saja resiko-resiko investasi, bagaimana investasi bekerja, dll. untuk permulaan cobalah untuk mulai berinvestasi di reksadana, lihatlah bagaimana reksadana bekerja, macam-macam reksadana, apa saja resikonya, dll.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: