Proses 2: Kembangkan Tujuan-Tujuan Keuangan

set goals Setelah minggu lalu kita membahas tentang dimanakah posisi keuangan, so pastinya teman-teman telah mengetahui dimana posisi keuangan pada saat ini, bagaimana pola pendapatan dan pengeluaran teman2, apakah keuangannya sudah sehat? Atau jangan2 selama ini besar pasak daripada tiang, dan gaji yang selama ini didapat hanya abis untuk senang2 aja…..

Nah minggu ini kita akan membahas tentang goal/ tujuan….apa tujuan teman-teman mencari uang? What are your financial goals?

Didalam membuat tujuan perencanaan keuangan, kita akan berlaku seperti peramal, mencoba mereka-reka bagaimana masa depan kita. masa depan adalah masa penuh ketidakpastian, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok. So, diperlukan banyak asumsi & perkiraan didalam pembuatan tujuan perencanaan keuangan.

Disinilah pentingnya punya tujuan keuangan…….u know where you are going. So berikut ada beberapa hal yang perlu teman2 perhitungan ketika ingin membuat tujuan keuangan

1. Ini adalah rencana !!

Walaupun ini merupakan rencana, yang kedepannya masih bisa berubah karena keadaan, tetapi teman-teman perlu membuatnya dengan detail. Tidak cukup hanya bilang “5thn saya ingin punya rumah seharga 500 juta”. Tetapi perlu ditambah dengan action plan nya juga, seperti “saya akan mentransfer uang sebesar 1juta/bln ke rekening reksadana saya, agar 5thn lagi saya bisa membeli rumah seharga 500 juta.” Tetapi jangan lupa, walaupun rencana ini dibuat detail, teman-teman perlu mempunyai sikap fleksibel terhadap segala perubahan.

 2. Rencana bisa berubah loh

Yap, seperti telah dibahas diatas, masa depan penuh ketidakpastian, tetapi bukan berarti teman2 menolak untuk punya tujuan keuangan karena ketidakpastian ini. setidaknya dengan punya tujuan2 keuangan, teman2 sudah bisa merencanakan bagaimana keuangan teman2….

 3. Rencana = tujuan

Ketika kita mempunyai tujuan yang jelas, maka kita akan mempunyai rencana yang jelas pula. Maksudnya begini, ketika kita mempunyai tujuan untuk  jalan2 ke Bali maka kita akan mempertimbangkan pesawat & bis sebagai alat transportasi menuju ke sana. Nah begitu juga didalam perencanaan keuangan, ketika tujuan kita sudah jelas, maka kita akan mengetahui bagaimana cara menuju ke sana. Contohnya ketika kita mempunyai tujuan untuk mengumpulkan dana pensiun 20 tahun lagi, maka kita bisa menggunakan reksadana/ saham/emas/properti sebagai sarana investasinya.

4. Buat prioritas

Pastinya teman-teman punya beberapa tujuan keuangan, so diperlukan penentuan prioritas disini. Contohnya, teman-teman punya tujuan untuk membuat dana pensiun, tetapi dilain pihak teman2 punya hutang kartu kredit, maka akan lebih baik bila teman2 melunasi hutang kartu kredit terlebih dahulu, setelah lunas baru mulai berinvestasi untuk dana pensiun.

 5. Jalani sebagai proses

Bila teman2 membuat tujuan keuangan, dan membiarkannya, yah itu sama aja boong. Jadikan lah ini sebuah proses, dimana teman2 bersikap fleksibel, dengan merubah asumsi sesuai dengan keadaan, mengecek tujuan sudah sampai mana, apakah masih bisa dijalankan, apakah perlu merubah taktik, dll.

 6. Pasrah…..

Ok tips yang terakhir ini memang seperti penyerahan diri….tetapi tujuan keuangan dibuat bukan untuk membuat kita terobsesi pada tujuan itu…mempunyai tujuan hidup itu penting, tetapi kemampuan untuk menikmati hidup dan bersyukur tidak kalah penting.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: