10 Tips Menjalankan Resolusi Keuangan di Tahun Baru

new year resolution  Setelah kemarin berhasil membuat resolusi-resolusi keuangan untuk tahun depan, nah sekarang saat nya saya memberikan 10 tips yang dapat membantu teman-teman untuk menjalankan resolusi yang telah dibuat tadi agar bisa diwujudkan dalam hidup teman-teman.

Seperti tahun-tahun sebelumnya rasanya sulit sekali untuk menjalaninya resolusi yang telah kita buat, padahal di awal tahun terutama di tahun baru kita semangat banget dalam membuat resolusi. Pada akhirnya resolusi itu cuma jadi pajangan atau malah buat frustasi karena gag bisa mewujudkannya. Nah berikut ada 10 tips n trick yang mudah-mudah bisa membantu teman-teman dalam mewujudkan resolusinya, judulnya c tips n trick untuk mewujudkan resolusi keuangan, tapi saya rasa tips ini juga bisa berlaku dibidang lain selain keuangan, yuk kita mulai aja pembahasannya

1. Buat tujuan yang detail dan spesific

Membuat tujuan tanpa menjabarkannya secara detail dan spesific, bisa dibilang merupakan sebuah pekerjaan yang sia-sia. Sebuah tujuan yang menyatakan “saya ingin memiliki rumah” merupakan tujuan yang sia-sia, yang kemungkinan besar tidak akan terwujud. Tetapi bila tujuannya dibuat dalam bentuk yang detail dan spesific, dengan menyantumkan segala sesuatu tentang tujuan itu seperti, 3 tahun lagi saya akan memiliki  rumah dengan harga 3M lokasi di Tebet, Jak-sel, dengan luas tanah sebesar 150 meter, 4 kamar, dll atau sekalian dengan foto rumah yang ingin dimilikinya.

2. Buat alasan yang kuat kenapa tujuan yang dibuat perlu diwujudkan

Jika tujuan kamu hanya “saya ingin mengumpulkan uang 1M “ tanpa mengetahui buat apa uang 1M nya tersebut…..hasilnya akan sama dengan point no. 1 wordless, no meaning. Tetapi bila kamu ingin punya uang 1M untuk membeli rumah untuk tempat tinggal keluarga saya sehingga saya tidak perlu mengontrak rumah dan berpindah-pindah setiap tahunnya, itu akan lebih masuk akal dan memimbulkan semangat untuk mencapai tujuan tersebut

3. Tujuan haruslah realistic

Selain 2 point diatas, point ini juga tidak kalah penting dalam membuat tujuan. Kita ambil contoh sbb: kamu ingin membeli rumah seharga 1M tahun ini, tetapi gaji kamu perbulannya hanya 5 juta rupiah. Nah loh…..jadi gag realistic kan tujuan itu. Hal ini juga akan menghambat kamu untuk mewujudkan tujuan-tujan kamu. Deep inside pastilah ada perasaan kalo this is kind of mission imposible. So, cek deh tujuan yang telah kamu buat, is it realistic/ or it just a dream

4. Belajar dari masa lalu

Ada quotes yang menyatakan bahwa “learn from mistake” so begitu juga dalam mengelola keuangan. Coba lihat gimana pengelolaan keuangan kamu di masa lalunya, apa yang salah disana sampai kamu gag berhasil mencapai tujuan keuangan. Nah setelah kita mengetahui apa yang salah, lakukan perbaikan agar berhasil pada tahun ini.

5. Bagi tujuan dalam beberapa tahapan target  

Orang akan merasa lebih percaya diri ketika mereka melihat perkembangan dari tujuan yang telah mereka tetapkan. it is nice thing to realize your near your goal. So, untuk membuat percaya diri, bagilah tujuan yang besar dibuat dalam beberapa tujuan kecil-kecil. Contohnya begini, misalnya kamu ingin beli motor seharga 24 juta diawal tahun 2014, nah untuk ini kamu membagi target dalam 3 bulan, setiap 3 bulan, tabungan kamu yang untuk membeli motor harus terdapat uang 6 juta. Nah bila dibulan 3, kamu berhasil mendapatkan uang 6 juta, kamu akan merasa yakin di bulan ke 6 tabungan itu akan mencapai 12 juta.

6. Lakukan pengecekan secara reguler untuk melihat kemajuan tujuan kita

Seperti yang ditahun sudah-sudah, pengecekan terhadap tujuan biasanya dilakukan di bulan Desember ketika tahun sudah mau selesai…..as a result yah gag mungkin terwujud juga sih. So, daripada cuma jadi tujuan yang sia2 maka, perlu dilakukan pengecekan tujuan secara berkala. Gampangnya gini, kamu ingin beli motor seharga 24 juta diawal tahun 2014, so untuk beli ini perbulannya kamu perlu menabung 2 juta. Maka setiap bulannya kamu perlu mengecek tabungan kamu sudah mencapai berapa kah dana untuk membeli motor tersebut.

7. Nikmati prosesnya

Banyak orang yang bilang proses lebih penting daripada tujuan, benar gag sih seperti ini, yuk kita buktikan. Mari kita ambil contoh yang diatas, kamu ingin beli motor seharga 24 juta diawal tahun 2014, so tiap bulan kamu perlu nabung 2jt. Nah kamu merasa berat untuk menabung sebesar ini, karena kamu perlu mengurangi biaya untuk kongkow di cafe, biaya untuk ke belanja baju, dll. Nah dengan adanya tujuan beli motor, kamu merasa perlu melakukan itu semua, dan bila kamu sudah berhasil melakukan perubahan-perubahan yang diperlukan, maka sangat mungkin tujuan kamu akan terwujud.

8. Lakukan secara otomatis

Inilah salah satu cara untuk mempermudah terwujudnya suatu goal, dengan melakukan otomatisasi. Di dalam dunia keuangan hal ini sangat mungkin di lakukan, karena sudah banyak bank atau instrumen investasi seperti reksadana sudah mempunyai sistem automatisasi. Jadi, ketika kamu ingin mengumpulkan 24 juta untuk awal tahun 2014, dan kamu perlu nabung 2jt/bulan, so tinggal ke bank isi aplikasi agar setiap bulannya dilakukan pemindahan rekening sebesar 2 juta ke rekening simpanan kamu

9. Miliki partner

Selalu menyenangkan untuk memiliki partner. Partner membuat kita bisa lebih on the track dalam menjalankan tujuan-tujuan kita serta memberikan semangat kepada kita. Tetapi bila tujuan yang kamu miliki merupakan tujuan keuangan, maka disarankan untuk memiliki partner yang kamu pikir cukup berhasil dalam mengelola keuangannya. Contohnya kamu ingin bebas hutang, maka carilah teman kamu yang tidak punya hutang, atau berhasil dalam membayar hutang-hutangnya.

10. Beri hadiah untuk diri sendiri   

Untuk lebih membuat kita lebih bersemangat dalam menjalankan tujuan-tujuan keuangan, so, janjikan diri sendiri a little pleasure or hadiah ketika kita berhasil mencapai mini goal. Dengan catatan hadiah yang diberikan tidak mahal dan terjangkau yah, jangan sampai gara-gara memberi hadiah ke diri sendiri membuat kita tidak bisa mencapai tujuan besarnya.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: