7 Langkah untuk memiliki Keuangan yang lebih baik Tahun Depan

resolution Tahun baru merupakan waktu yang ideal untuk membuat perubahan. Yup, bagi sebagian orang, tahun baru merupakan new start to make a better person than last year. Diawal tahun kita membuat resolusi, perencanaan, dll yang tujuannya adalah membuat kita menjadi lebih baik. Salah satu hal penting adalah membuat rencana keuangan, berikut adalah beberapa tips untuk membuar rencana keuangan yang pastinya bisa membuat kamu lebih bahagia di tahun depan.

1.      Buatlah tujuan yang jelas

Tujuan dalam hal ini tidak hanya mencakup tujuan keuangan, seperti perencanaan keuangan untuk pensiun, perencanaan keuangan untuk memiliki rumah, tetapi semua tujuan yang kamu miliki untuk kamu ingin wujudkan ditahun depan, seperti ingin membuka usaha, ingin merubah karir atau ingin menghabiskan waktu lebih lama dengan keluarga, dll. Didalam tujuan jangan lupa tuliskan juga berapa harga tujuan-tujuan ini, kapan kamu ingin mewujudkannya, buatlah secara terukur. contohnya bila ingin memulai membuka usaha, berapa kira-kira modal yang kamu butuhkan untuk mewujudkannya.

Nah dari tujuan-tujuan yang telah kamu buat, selanjutnya kamu akan berpikir apakah saya akan mampu mewujudkannya, bagaimana saya bisa membiayai tujuan-tujuan yang telah saya buat ini, apakah tujuan yang saya buat realistis

Membuat tujuan yang jelas dan tertulis dengan jumlah dan kapan ingin mewujudkannya dapat membantu memotivasi kita untuk mewujudkannya.

2.      Bicarakan tujuan yang telah dibuat dengan orang-orang terdekat

Bicarakan tujuan-tujuan yang telah dibuat dengan orang-orang terdekat yang teman-teman miliki. Tujuannya adalah untuk men-challenge tujuan-tujuan yang kita miliki, apakah tujuan-tujuan itu realistik, memberikan ide bagaimana kita mencapainya dan yang tidak kalah penting adalah mereka dapat menjadi pemberi motivasi bagi kita untuk mewujudkannya.

3.      Review keuangan tahun lalu  

Setiap rencana keuangan yang dibuat, pastinya akan mempengaruhi rencana keuangan yang lainnya. So, sebelum melangkah ke tujuan-tujuan yang baru, pastikan hal-hal yang penting didalam hidup seperti apakah saya telah memiliki asuransi yang dibutuhkan, dana darurat telah dapat saya penuhi, dan pastinya tidak mengganggu rencana keuangan yang telah kita buat sebelumya. Dan tidak kalah pentingnya adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada tahun lalu, seperti misalnya pernikahan, kelahiran anak, dll yang dapat membuat rencana keuangan kita berubah.

4.      Buatlah arus kas

Salah satu tujuan keuangan adalah: spend less money than you earn. Nah bagaimana ini bisa terwujud, jika kamu saja tidak tahu berapa banyak yang kamu hasilkan dan berapa banyak yang kamu habiskan.

Disinilah pentingnya dibuatnya arus kas, dimana didalam arus kas kamu bisa mencatat pendapatan dan sumber pendapatan yang kamu peroleh, jumlah pengeluaran dan digunakan untuk apa. Dengan adanya catatan ini, maka kamu akan bisa mengerti bagaimana pola pengeluaran kamu, berapa persen yang kamu habiskan untuk investasi/ menabung, sehingga kedepannya kamu bisa membuat proyeksi keuangan dengan memasukkan dengan tujuan-tujuan yang telah kamu buat.

5.      Kurangi hutang non produktif

Bila kamu punya hutang yang tidak produktif, seperti hutang kartu kredit, salah satu tujuan yang perlu kamu cantumkan adalah mengurangi hutang yang memiliki bunga yang tinggi. Yup, dengan adanya bunga tinggi dapat mempengaruhi keuangan yang kamu miliki.

6.      Lakukan diversifikasi asset

Seperti adanya idioms yang mengatakan dont put your eggs in one basket, begitulah yang perlu kamu lakukan juga untuk asset serta investasi yang kamu miliki. Contohnya adalah investasi di properti, emas, reksadana, dll. Tujuannya adalah bila satu aset/investasi yang mengalami penurunan, investasi/aset yang lain tidak terganggu atau malah mengalami kenaikan.

  1. 7.      Mulai belajar tentang keuangan

Di dunia ini sebagian besar dinilai dengan uang, so dengan mempelajari tentang keuangan mulai dari membuat rencana keuangan, mempelajari tentang investasi, asuransi, dll maka akan membuat kamu semakin percaya diri dan termotivasi untuk membuat langkah-langkah keuangan yang tepat tahun ini.

Tahun baru tinggal beberapa hari lagi, so selamat membuat perencanaan dan Selamat Tahun Baru

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: