Tentang Saham (2)

seperti teman-teman ketahui bahwa untuk menganalisa saham ada dua cara yaitu analisa teknikal yang berupa grafik yang  berdasarkan kinerja masa dimasa lalu dan analisa fundamental, yang berdasarkan kinerja perusahaan.

Untuk menganalisa saham, analis tidak hanya perlu mengetahui kinerja perusahaan itu saja, tetapi analisis perlu mengetahui bagaimana keadaan ekonomi global, keadaan ekonomi indonesia dan bagaimana kinerja industri nya pada saat ini. Nah untuk menganalisis bagian-bagian ini, maka dikenal analisa top-down dan bottom-up. Perbedaan dari keduanya adalah urutan menganalisanya.

Analisa top-down dimulai dari menganalisa ekonomi global à ekonomi Indonesia à analisa industri à analisa perusahaan

Sedangkan analisa bottom-up merupakan kebalikannya, perusahaan menjadi yang pertama, perusahaan à industri à ekonomi Indonesia à ekonomi global.

Secara umum yang sering digunakan adalah top-down analisis, so, mari kita menganalisa saham dengan top-down analisa, ok contohnya adalah pada saat ini…..

Untuk analisa top-down , pertama kita akan melihat bagaimana keadaan ekonomi global pada saat ini. sebagai salah satu perekonomian yang terkuat di seluruh dunia, perekonomian Amerika serikat dan Eropa akan sangat berpengaruh ke dalam ekonomi Indonesia. Nah dengan adanya krisis Eropa dan Amerika membuat perekonomian dunia ikut terpengaruhi, termasuk juga perekonomian Indonesia.

Secara fundamental, bisa dibilang perekonomian Indonesia sehat. Tetapi karena perekonomian dunia yg fragile, membuat perekonomian Indonesia terkena dampaknya.

Setelah perekonomian global dan Indonesia kita analisa, selanjutnya kita akan analisa industri. Kalo gag salah terdapat 8 industri yang terdapat di Bursa efek Indonesia, financial, industri dasar, dll….(maaf lupa ;p) Nah dari industri ini dilihat mana yang jadi strong point saat ini. misalnya mau natal nih, so kira-kira industri mana yg bakal meraup untung besar ??? yup you right, mall bakal diserbu sama orang-orang yang akan merayakan natal, dan ada apakah di mall? Di mall ada departemen store kaya Matahari (M), Ramayana (RALS), Sogo, Debenhams (MAPI) nah itu lah saham-saham yang bagus untuk dikoleksi ketika menjelang natal/lebaran.

Nah untuk memilih mana saham yang bagus diantara saham-saham diatas, barulah kita menggunakan analisa fundamental terhadap perusahaan2 tersebut, mudahnya sih dengan membandingkan rasio-rasio diantara saham2 tersebut. Rasio yang biasa digunakan untuk membandingkan saham antara lain ROE, ROI,

perbandingan saham

Taken from IPOT website (www.IpotIndonesia.com)

Setelah mendapatkan saham yang menurut kamu paling bagus performancenya, barulah kita menggunakan analisa teknikal. Yup ini lebih untuk menentukan diharga berapa kita akan beli saham tersebut dan  kapan baiknya kita masuk pasar. Grafik merupakan alat utama yang digunakan di analisa teknikal. Grafik dibuat berdasarkan kinerja saham dimasa lalu, intinya adalah history will repeat….

Ada banyak software untuk membantu kita melakukan analisa teknikal, mulai dari yang gratisan sampai yang bayarnya mahal. Kalau baru belajar bisa coba download ChartNexus, menurut saya grafik yang di chartnexus sudah cukup, lumayan membantu kok, dan pastinya GRATIS

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya di analisa teknikal intinya adalah history will repeat, so perlu adanya kemampuan dalam membaca grafik.

Ini hanyalah secuil cerita tentang saham, masih banyak bangeet yg harus dipelajari kalau ingin berinvestasi/ trading di saham….but that is a growing life, to keeps on learning

Ingin membuat hidup anda lebih teratur, dengan perencanaan keuangan yang tepat, silahkan buka  http://www.PlanYourFinancial.com PASTI AKAN MEMBANTU HIDUP ANDA🙂

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

2 Responses to Tentang Saham (2)

  1. Diah Mitasari (Mita) says:

    Tambahin satu lagi ya teorinya, yang ini penting ga penting tapi penting hehe, namanya analysis environment yakni menganalisa kondisi makro dan mikro ekonomi suatu negara, ekonomi global, sosial budaya, pertahanan dan keamanan suatu negara, dll. Btw thanks ya buat infornya :)….

    • lukyhandayani says:

      terima kasih banyak mba udah baca n memberi saran. Mba betul banget, analisa makro salah satu hal yang penting dalam analisa saham. sering2 mampir di blog saya yah mba🙂
      thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: