Perencanaan Keuangan untuk Perempuan Single

singleladiesKehidupan keuangan biasanya dimulai di usia 20 tahun, dimana pada saat itu, kamu mulai mendapatkan pekerjaan pertamamu. Pada masa ini, kita berubah dari seseorang yang keuangannya tergantung kepada orang tua menjadi mandiri secara keuangan.  Hal-hal penting dalam masa ini adalah kebutuhan jangka pendek seperti menikah, membeli rumah atau mobil.

Pada saat single dan mencari pasangan hidup, sikap perempuan terhadap uang juga bisa menjadi salah satu konflik didalam hidup. Bagaimanapun juga seorang perempuan sudah mempunyai bayangan seperti apa calon suaminya dikemudian hari, baik itu dengan melihat dari ayahnya atau pun kakak laki-lakinya. Secara tidak langsung kita mempertanyakan apakah laki-laki calon suami kita merupakan pemberi nafkah yang baik? Apakah dia dapat ‘mengurus’ kita dan menjamin kehidupan finansial nantinya.

Ok…this all sound materialistic, bukan kah harusnya mencari calon suami based on love. Tetapi diakui atau tidak sejak kita kecil, perempuan sudah dicekoki untuk menjadi cantik, bagaimana menjaga agar tetap kurus, bagaimana kecantikan dan penampilan adalah tiket untuk meraih cinta dan kestabilan keuangan. Sejak kecil kita dibombardir oleh iklan-iklan yang menekankan kecantikan,rambut lurus, tubuh ramping, dll, dan ini semua perlu biaya. Hal ini pada akhirnya membawa perempuan ke dalam konflik antara dorongan untuk meraih keterjaminan dan dorongan untuk meraih kemandirian.

Kemandirian yang perlu dibangun oleh perempuan pada tahap ini adalah dengan membuat rencana keuangan yang mencakup hal-hal berikut :

  • Mempunyai dana darurat sebesar 1-6 kali pendapatan bulanan (tergantung pada dimana dia sedang berada)
  • Mulai mempersiapkan dana pensiun
  • Hati-hati dengan penggunaan kartu kredit, jangan melebihi limit yang ada. Bilapun telah berhutang, maka perlu ada target untuk melunasi hutang kartu kredit tersebut
  • Mengetahui aset serta hutang yang dimiliki serta mengetahui berapa pengeluran serta pemasukan yang dilakuan.
  • Melakukan investasi, dengan mengenal lebih jauh tentang reksadana, investasi saham, ORI, dll.
  • Membeli asset produktif, seperti property, emas, dll
  • oh ya bagi yg punya tanggungan, spt menanggung orang tua/adik2nya, bisa mempertimbangkan untuk punya asuransi jiwa, in case something happen with you

Hope all the tips help you single ladies🙂

Ingin membuat rencana keuangan dengan harga terjangkau yang cocok bagi para single ladies, sok atuh buka http://www.PlanYourFinancial.com silahkan…….

 

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

2 Responses to Perencanaan Keuangan untuk Perempuan Single

  1. It’s really a cool and useful piece of info. I’m happy that you simply shared this helpful information with us.
    Please keep us up to date like this. Thank you for
    sharing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: