Lets talk about Unit Link, the GOOD and BAD of UNIT LINK

 Unit link merupakan salah satu bentuk asuransi jiwa dengan menggabungkan antara proteksi asuransi jiwa dengan investasi. Intinya adalah gabungan antara proteksi asuransi jiwa dan investasi.

Untuk produk asuransi jiwa lainnya selain unit link dikenal produk tradisional yaitu asuransi jiwa term life dan asuransi jiwa whole life. Asuransi jiwa term life merupakan produk asuransi jiwa dengan jangka waktu tertentu sedangkan asuransi jiwa whole life merupakan asuransi jiwa untuk seumur hidup.
Produk ini lumayan gag disukai oleh beberapa perencana keuangan, tetapi lumayan disukai oleh masyarakat Indonesia, here are some reason the good and bad about unit link (just trying to conclude what I know yah ;p)
Kelebihan unit link
1. Memberikan perlindungan seumur hidup kepada nasabah (perlindungan sampai usia 99 tahun  yah bisa dibilang seumur hidup kan). Bisa dibilang unit link merupakan asuransi whole life dengan gabungan investasi.
2. Ada nilai tunai diakhir masa perlindungan (bila nasabah hidup lebih dari 99 tahun, maka tidak dapat uang pertanggungan, tetapi mendapat nilai tunai yang besarnya sesuai dengan perkembangan investasi unit link tersebut
3. Lebih flexible. Beberapa nasabah memilih unit link dengan alasan flexibilitas, dimana di unit link terdapat kemudahan untuk menambah/mengurangi uang pertanggungan, menambah/mengurangi premi dan menambah/ mengurangi asuransi tambahan (riders) seperti asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, asuransi cacat tetap, asuransi kecelakaan, dll
4. Dengan adanya investasi, dimaksudkan uang hasil investasi bisa untuk membayarkan premi asuransi serta biaya2 lainnya (dengan asumsi premi yang telah dibayarkan mencukupi untuk membayar premi dan biaya2 asuransi)

Kekurangan unit link
1. Gag fokus, secara produk ini menggabungkan antara proteksi dan investasi. So, kalau mau maksimal adalah membeli masing2 produk proteksi dan investasi. Untuk proteksi bisa membeli produk term life yang biayanya lebih murah dari unit link, dan untuk investasinya bisa langsung beli produk2 reksadana, yang returnnya lebih besar daripada di unit link.
2. Biaya asuransi yang bisa dibilang besar bila dibandingkan dengan asuransi tradisional (term life & whole life). Biasanya di unit link terdapat biaya2 sebagai berikut: biaya administrasi, biaya asuransi (cost of insurance),biaya withdrawal (biaya bila ingin melakukan penarikan sebagian), biaya alteration (biaya bila ingin merubah uang pertanggungan, premi, riders), biaya switching (biaya yang dikenakan bila ingin merubah portfolio). Untuk biaya administrasi dan biaya asuransi dibayarkan selama masa asuransi, sedangkan untuk biaya withdrawal, biaya alteration dan biaya switching hanya dibayarkan bila ada perubahan.
3. Adanya ketentuan di unit link untuk 3 years locked in, dimana pada 3 tahun pertama premi yang dibayarkan lebih untuk proteksi daripada investasi, biasanya ketentuannya adalah sbb:
– thn 1 100% premi dibayarkan untuk membayarkan proteksi,
– thn 2 60% premi dibayarkan untuk proteksi, 40% untuk investasi
– thn 3-5 premi dibayarkan u/ proteksi 15% dan investasi 85%
– thn 6 premi dibayarkan 100% untuk investasi.

So, apakah unit link itu baik/buruk, diserahkan ke pribadi masing2, apa kebutuhan kamu, apa tujuan kamu untuk mengambil asuransi jiwa, karena tujuan utama dari asuransi jiwa adalah memberikan perlindungan bagi keluarga bila pencari nafkah utama kehilangan penghasilan karena meninggal dunia.

Mau tau unit link cocok buat kamu/gag? yuk ngobrol tentang asuransi, buka aja http://www.PlanYourFinancial.com untuk hubungi kami, ditunggu…..

 

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: