Memilih Asuransi Jiwa dan apakah saya memerlukannya??

 Memilih asuransi bisa menjadi sesuatu yang membingungkan. Satu hal yang harus diingat adalah, jika kamu tidak membutuhkannya, maka jangan membelinya. Nah berikut beberapa pertanyaan yang bisa membantu kamu memutuskan tentang asuransi jiwa.

 Apakah saya membutuhkan asuransi jiwa?

Kebutuhan akan asuransi jiwa tergantung pada kebutuhan pribadi. Jika kamu tidak mempunyai tanggungan, gaji yang kamu hasilkan tidak begitu mempengaruhi income keluarga, maka kamu tidak membutuhkan asuransi jiwa.

Tetapi jika kamu kepala keluarga, bread winner of the family, dimana penghasilan kamu berpengaruh terhadap income keluarga, membayar tagihan, membiayai sekolah anak, maka kamu perlu asuransi jiwa yang akan menggantikan penghasilan kamu bila terjadi sesuatu dengan kamu.

Berapa banyak asuransi jiwa yang saya butuhkan?

Sulit untuk menentukan berapa banyak asuransi jiwa yang dibutuhkan, tidak ada rule of thumb untuk menentukan ini. Berapa jumlah asuransi jiwa yang dibutuhkan akan tergantung pada berapa banyak orang yang tergantung pada kamu, apakah kamu punya penghasilan lain selain penghasilan utama, bagaimana gaya hidup kamu, apakah kamu hutang. Nah hal-hal itu lah yang perlu dipertimbangkan dalam mementukan jumlah asuransi jiwa yang dibutuhkan. Menurut aturan umum, jumlah asuransi jiwa yang dibutuhkan adalah antara lima sampai 10 kali gaji tahunan.

Asuransi jenis apa yang perlu saya beli ?

Secara garis besar, terdapat 2 jenis asuransi jiwa yaitu term life dan whole life. Asuransi term life merupakan asuransi jiwa dengan jangka waktu tertentu, tidak ada nilai tunai dan pastinya lebih murah. Sedangkan whole life merupakan kebalikan dari term life, jangka waktu seumur hidup (sampai 99 tahun), ada nilai tunai dan pastinya lebih mahal daripada term life. Untuk jenis-jenis asuransi akan kita bahas dilain kesempatan.

Berapa banyak biaya yang perlu saya bayarkan?

Biaya asuransi jiwa berbeda-beda tergantung pada jenis asuransi yang kamu beli, tipe asuransi yang kamu pilih dan juga komisi yang diterima oleh agent. Dasar perhitungan dari biaya asuransi adalah berdasarkan perhitungan aktuaria yang memperkirakan berapa lama kita hidup, merokok/tidak, berat badan, pekerjaan dan hobbi yang dilakukan apakah berbahaya/tidak.

Seringkali terdapat biaya-biaya tersembunyi seperti biaya administrasi, komisi agen, yang kamu tidak ketahui sebelum kamu membeli asuransi jiwa. Dan hal-hal inilah yang perlu kamu pertanyakan ke agen asuransi tentang biaya lainnya.

Kesimpulan.

Keputusan untuk memiliki asuransi jiwa adalah tergantung kamu, bila kamu tidak membutuhkannya, tidak usah membelinya. Dan bila kamu membutuhkannya, ada baiknya mempelajari nya terlebih dahulu, bagaimana pun juga membeli asuransi merupakan komitmen jangka panjang.

so, do u need insurance ??? mau ngobrol2 tentang asuransi, silahkan hubungi kami di http://www.PlanYourFinancial.com, ditunggu…..

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: