SAHAM

 Yuk, kali ini kita bahas tentang saham….. nah kali ini kita bahas pengetahuan tentang saham yah, apakah itu saham, alat apa saja u/ menganalisanya, dll. akan ada tulisan lanjutan untuk ini….ditunggu yah😉

Saham adalah tanda kepemilikan perusahaan, jika anda beli saham Astra Internasional, maka secara tidak langsung anda sudah jadi pemilik Astra Internasional.

Saham dikeluarkan oleh perusahaan dengan tujuan, agar perusahaan dapat menambah modal, dimana untuk mendapatkan modal, selaind dari pinjaman, perusahaan juga mengeluarkan saham.

Bagi pembeli saham, saham dapat dijadikan suatu alat investasi maupun untuk trading.

Untuk mempertemukan penjual dan pembeli maka didirikan lah bursa saham. Di Amerika dikenal dengan Wallstreet sedangkan di Indonesia adalah Indonesia Stock Exchange (IDX)

Sampai saat ini sudah terdapat  400 lebih perusahaan di Indonesia yang listing di IDX (for more detailed about this u could open IDX web  ;p)

Untuk mulai menjual-membeli saham di IDX investor harus mempunyai rekening di perusahaan sekuritas spt Danareksa, Mandiri Sekuritas, dll. Nah untuk mengetahui detail ini bisa mempelajari di web perusahaan2 tersebut.

Karena banyakanya saham di bursa, maka perlua ada alat untuk memilih mana saham yang menguntungkan/tidak. Ada 2 cara untuk menganalisa saham, yaitu teknikal analisis dan fundamental analisis.

Analisa teknikal merupakan analisa saham yang berdasarkan kinerja masa lalu saham tersebut, maka digunakan  grafik sebagai alatnya. Dari grafik, akan terlihat bagaimana kinerja saham tersebut di masa lalunya. Dari grafik akan diketahui di harga mana saham mencapai harga tertinggi dan terendah, pada saat kapan harga tertinggi/terendah terjadi, dll. Karena berdasarkan masa lalu maka analisa teknikal sering digunakan sebagai panduan untuk mengetahui kapan harus membeli/menjual saham.

Alat yang kedua adalah analisa fundamental, nah alat dari analisa fundamental adalah laporan keuangan perusahaan, dimana dari laporan keuangan akan terlihat bagaimana kinerja perusahaan tersebut, apakah perusahaan tersebut menghasilkan laba, bagaimana labanya apakah lebih tinggi dari tahun lalu, dll. Analisa fundamental sering digunakan untuk menentukan apakah harga saham sudah mahal/ masih murah, berapa harga target price untuk saham tersebut.

Sekian dulu sedikit tulisan tentang saham….lain kali akan ada tulisan lain tentang saham…..bila ada pertanyaan, sok atuh dituliskan di comment 🙂

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s