Tips Hemat

  Jangan sedih bila sampai saat ini kamu belum bisa menabung gaji kamu. Untuk menabung tidak ada rahasianya, yang harus di lakukan hanyalah membuat budget yang realistis, membuat tujuan menabung, tujuan pengeluaran, dan pastinya mematuhi budget yang telah dibuat.

Untuk memulainya, kamu perlu memutuskan berapa persen dari gaji yang akan digunakan untuk menabung. Perencana keuangan menyarankan 10%, tetapi bila kamu merasa saat ini hanya bisa menabung sebesar 7% ataupun 4% dari penghasilan, jadi lakukanlah….mulailah dengan angka yang menurut kamu bisa dimasukkan ke dalam tabungan. Jadikan ini suatu kebiasaan dengan menyisihkannya di awal bulan..

Di dunia keuangan ada yang namanya keajaiban dunia ke 10 yaitu bunga berbunga, dimana uang yang disimpan akan terus bertambah dengan adanya penghasilan bunga. Contohnya gini, bila kamu menyimpan uang setiap bulannya Rp. 500rb dengan bunga bank sebesar 6%, maka setelah 5 tahun, uang kamu akan menjadi Rp. 35 juta. Coba bayangkan berapa besarnya bila kamu menabung sebesar Rp. 1juta/ bulan, wah uang kamu juga naik 2x lipat jadi Rp. 70 juta setelah 5 tahun disimpan.

So, gimana caranya biar bisa menghemat….here is some tips

Menabung

Bagi sebagai besar orang, menabung sulit untuk dilakukan apalagi bila menabung dijadikan suatu kebiasaan. Banyak orang gagal melakukan hal ini…..berikut beberapa tips sehubungan dengan menabung.

  1. Buatlah rekening baru yang dikhususkan untuk menabung. Rekening tabungan haruslah terpisah dari rekening pengeluaran. Bila rekening tabungan digabung dengan rekening pengeluaran, maka akan sulit untuk menabung. Selain itu kamu juga akan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan keuangan kamu dengan melihat saldo tabungan kamu yang terus bertambah.
  2. Jika memungkinkan buatlah transfer otomatis ke rekening tabungan anda. Hal ini bisa dilakukan dengan men set up nya lewat internet banking ataupun ATM.  Hal ini akan mempermudah hidup kamu dan membuat kamu berdisplin untuk menabung.
  3. Pergunakan uang tambahan seperti bonus, penghasilan tambahan untuk menambah tabungan, sehingga tujuan keuangan kamu akan lebih cepat tercapai. Selain itu, bila kamu naik gaji, kamu bisa menabung kenaikan gaji tersebut dan tetap hidup sesuai dengan gaji kamu yang lama, hal ini bisa dilakukan karena kamu sudah terbiasa untuk hidup sesuai dengan gaji lama kamu, sehingga uang gaji bisa dimasukkan sebagai tabungan.
  4. Cara lainnya adalah bila kamu punya hutang yang dibayarkan setiap bulannya, dengan cara di transfer ke rekening bank atau perusahaan leasing, setelah hutang lunas, kamu bisa mentransfer uang tersebut ke rekening tabungan kamu sendiri. Hal ini akan mudah dilakukan karena kamu sudah terbiasa menyisihkan uang untuk membayar hutang, dan saatnya kamu bayar hutang ke diri sendiri

Berbelanja & Membeli Barang

Ketika ingin berbelanja, buatlah rencana berapa banyak uang yang ingin dibelanjakan dan jangan tergoda untuk melakukan impulse buying. Dan jangan lupa untuk selalu mempertanyakan ke diri sendiri apakah kamu benar-benar butuh barang tersebut. Beberapa ahli menyarankan saran-saran berikut

  • Jangan jadikan shopping sebagai rekreasi, alat untuk mengurangi kesedihan, dll
  • Untuk barang yang benar-benar dibutuhkan lakukan penyelidikan terlebih dahulu, dimana bisa memperoleh barang tersebut dengan murah, adakah tempat yang menjual barang tersebut dengan diskon
  • Untuk membeli barang-barang yang mahal seperti elektronik, peralatan komputer lakukan penyelidikan terlebih dahulu dengan melihat review barang yang akan kita beli di internet.
  • Belanjalah di toko diskon

Membeli barang second daripada barang baru, bisa jadi tips hemat lainnya, karena tidak setiap barang second adalah barang yang jelek. Mungkin pemiliknya telah melakukan impulse buying, menyesal kemudian, sehingga memutuskan untuk menjual barang tersebut. Yang pasti kamu harus lakukan bila membeli barang second adalah periksa barang tersebut dengan teliti.

Hal lainnya untuk berhemat adalah menabung untuk melakukan pembelian barang mahal daripada menggunakan kredit untuk membeli barang tersebut. Dengan melakukan pembelian tunai, kamu mempunyai banyak waktu untuk memikirkannya apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut, atau hanya menginginkannya. Jika kamu mengikuti impulse buying, langsung membeli barang tersebut dengan kredit tanpa memikirkannya lebih lanjut, ada kemungkinan kamu akan menyesal telah membeli barang tersebut dan juga kamu perlu membayar tagihan barang tersebut dan bunganya tiap bulannya. Keuntungan membeli tunai daripada kredit selain lebih murah karena tidak adanya bunga, kita juga akan merasa memiliki barang tersebut sepenuhnya.

Berlibur

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghemat adalah ketika kamu pergi berlibur. Seperti sudah jadi kebiasaan umum, ketika kita pergi berlibur kita pastinya akan membeli oleh-oleh baik itu untuk tetangga, teman ataupun saudara. Nah, seringkali kita tidak mempersiapkan budget untuk membeli oleh-oleh ini, sehingga tanpa sadar kita mengeluarkan uang yang sangat besar untuk membeli oleh2 ini. Nah untuk menyikapi nya buatlah budget untuk membeli oleh2, tentukan berapa besar harga oleh2 yang ingin kita beli. Untuk mengetahui berapa harga oleh2 yang ingin kita beli, bisa mencari nya di internet, sehingga kita akan punya gambaran seberapa besar budget oleh2 ini.

Ok, ini adalah tips hemat lainnya yang saat ini sedang saya pikirkan. Menemukan pengeluaran yang tidak perlu di budget yang anda buat, sehingga uang tersebut bisa untuk menambah tabungan kamu. hmmm…..sepertinya susah untuk dilakukan, karena kamu merasa budget yang kamu buat sudah efektif dan tidak ada yang bisa dikurangkan. Tapi coba deh dilihat lagi, pasti ada hal-hal yang bisa dikurangi. Contohnya adalah bila kamu merokok, coba deh untuk berhenti merokok, nah uang untuk beli rokok bisa disimpan n dipakai untuk liburan ;p

Banyak cara untuk menghemat uang, ketika kamu membangun mindset yang mempertanyakan setiap pengeluaran yang akan kamu lakukan, itulah saatnya kamu menemukan rahasia menabung.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: