Tips Membeli Asuransi Jiwa

 Asuransi merupakan salah satu hal yang paling penting dalam perencanaan keuangan. Asuransi dimaksudkan untuk menjadi pelindung atau pengurang resiko. Asuransi ada beberapa macam seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kebakaran, dll, tetapi kali ini kita akan memfokuskan pada asuransi jiwa.

Seperti yang telah dibahas diatas, tujuan asuransi adalah untuk menjadi pelindung atau mengurangi resiko. Untuk asuransi jiwa, pelindung di sini adalah untuk melindungi orang-orang yang ditinggalkan. Didalam asuransi terdapat tertanggung dan yang ditanggung. Didalam asuransi jiwa yang menjadi tertanggung  adalah bread winner atau pencari nafkah didalam keluarga, biasanya adalah seorang ayah. Sedangkan yang ditanggung didalam asuransi jiwa adalah ibu dan anak-anaknya. Sehingga bila terjadi sesuatu terhadap si Ayah seperti meninggal dunia, cacat tetap yang membuat si ayah tidak dapat mencari nafkah. Nah disinilah asuransi jiwa berperan, dengan uang pertanggungan asuransi yang didapat, diharapkan bisa menjadi pengganti sementara untuk pendapatan keluarga.

So, bagaimana memilih asuransi jiwa, berikut adalah beberapa tipsnya

  • Ketahuilah apa yang menjadi kebutuhan anda. Tidak ada seorang pun didunia ini yang mengetahui kebutuhan keuangan anda selain anda sendiri. Sehingga anda tidak dapat membiarkan orang lain untuk menentukan berapa banyak uang pertanggungan yang harus anda terima. Cara mudah untuk menghitung uang pertanggungan adalah dengan cara menambahkan hutang yang dimiliki (jika punya) ditambah biaya-biaya yang sehubungan dengan  pemakaman dan acara-acara untuk memperingatinya serta biaya hidup untuk orang-orang yang ditinggalkan selama enam bulan sampai satu tahun atau lebih, hal ini tergantung seberapa lama anda bisa memperkirakan berapa lama, orang-orang yang anda tinggalkan akan mendapatkan penghasilan pengganti.
  1. Mengetahui macam-macam asuransi. Secara garis besar, asuransi jiwa dibedakan menjadi asuransi term life dan asuransi whole life. Asuransi term life adalah asuransi jiwa dengan jangka waktu tertentu sedangkan asuransi whole life adalah asuransi untuk seumur hidup. Mengetahui perbedaan antara keduanya dapat membuat anda menghemat ratusan juta rupiah. Bila dibandingkan asuransi term life akan lebih murah daripada whole life. Karena asuransi term life hanya akan mengcover selama jangka waktu tertentu dan asuransi whole life akan mengcover seumur hidup. Ingat, belilah sesuai dengan kebutuhan dan buat penyesuaian bila terjadi perubahan. Untuk asuransi term life biasanya bisa diperbarui dan memiliki klausa yang membuat anda dapat membuat perubahan di masa yang akan datang.
  • Mintalah informasi dari broker asuransi independent. Broker-broker ini memiliki banyak produk dari berbagai perusahaan asuransi dan akan membantu anda untuk memilih asuransi yang baik untuk anda. Tetapi anda perlu mereview broker yang anda gunakan bila di pertemuan pertama, broker tersebut sudah merekomendasikan produk asuransi untuk anda, hal ini bisa berarti broker tersebut akan mendapatkan fee yang besar bila anda menggunakan rekomendasinya tersebut.
  • Mengerti bahwa asuransi untuk proteksi /perlindungan dan bukan untuk investasi. Dengan memahami ini anda juga dapat menghemat jutaan rupiah. Seperti yang dibahas di poin 2 tentang pengertian term life dan whole life, nah perbedaan lainnya antara kedua nya adalah: term life hanya menyediakan perlindungan saja tanpa ada embel-embel simpanan. Untuk term life, diakhir masa pertanggungannya, tidak terdapat nilai tunai, sehingga uang yang dibayarkan untuk asuransi hangus. Sedangkan untuk asuransi whole life menyediakan tidak hanya perlindungan tetapi juga simpanan, sehingga di akhir periode, terdapat nilai tunai. So melihat perbedaan ini, asuransi term life akan lebih murah daripada whole life. Maka disarankan untuk memilih term life daripada whole life sehingga sisanya dapat digunakan untuk investasi ditempat lain.
  • Setelah mengetahui jenis produk asuransi yang ingin anda ambil, lakukan perbandingan dengan produk asuransi dari perusahaan lainnya 
  • Tanyakan segala macam hal yang ingin anda ketahui dari sales asuransi anda. Anda harus mengetahui luar dalam produk yang anda beli. Contoh pertanyaannya adalah sebagai berikut: apakah asuransi dapat diperbarui ? dapat dibatalkan? Asuransi tambahan apa saja yang didapat? Intinya tanyakan apa yang ingin anda ketahui dari produk asuransi tersebut.
  • Bila anda telah memiliki & membayar asuransi whole life untuk beberapa tahun, tidak disarankan untuk membatalkannya, karena selain anda dapat kehilangan premi yang telah anda bayarkan di tahun-tahun sebelumnya, anda juga kemungkinan akan terkena untuk membayar fee pembatalan. Bila situasi keuangan anda berubah dan anda ingin merubah asuransi yang anda miliki, akan lebih baik untuk membeli asuransi baru lagi
  • Hindari menambah rider asuransi, bila anda tidak mengerti kegunaan dari rider tersebut. Atau tanyankan ke agen asuransi, apa gunanya rider tambahan tersebut dan apa manfaatnya bagi saya
  • Do your homework. Lakukan penelitian sebelum membeli asuransi, pastikan asuransi yang anda beli sesuai dengan yang anda butuhkan serta budget yang anda miliki. Selain itu membaca dan mengerti kontrak asuransi sebelum di tanda tangani. Bila perlu pergunakan waktu 30 hari untuk membaca dan mengerti ketentuan-ketentuan di dalam kontrak asuransi tersebut, dimana jika anda tidak puas dengan ketentuan-ketentuan tersebut anda dapat membatalkannya dan uang premi anda dapat kembali.
  • KIS(S) – Keep it simple (stupid). Jangan membuat perencanaan asuransi anda sulit untuk dimengerti. Tujuan dari asuransi adalah untuk memberi perlindungan kepada keluarga, so haruslah berdasarkan dari kebutuhan dan budget anda.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu anda dalam memilih asuransi dan mendapatkan asuransi sesuai dengan apa yang anda butuhkan dan bukan apa yang ditawarkan oleh sales asuransi.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: