7 Langkah Mengatur Keuangan Menuju Kenyamanan Hidup

Ingin hidup secara nyaman, dengan keuangan yang teratur yang pada akhirnya dapat membuat hidup anda less worries. Beberapa tips berikut ini bisa membantu🙂

  1.  Dapatkan bayaran sesuai dengan kemampuan anda dan habiskan uang kurang dari yang  anda hasilkan

Pernyataan diatas sepertinya sederhana, tetapi masih banyak orang yg berusaha untuk mengaplikasinya. Banyak orang yang tidak mengetahui apa yang menjadi passion nya, kemampuannya, sehingga pada akhirnya mendapatkan gaji yg underpaid.  So, anda harus mengetahui apa yg menjadi keahlian, kemampuan anda didalam bekerja, dan bandingkanlah didalam dan diluar perusahaan.

Berapapun yang anda hasilkan, bila pengeluaran anda lebih besar dari yang anda dapatkan, anda tidak akan bisa menabung. Sehingga akan lebih baik bila anda menghabiskan lebih sedikit daripada yg anda hasilkan, dengan melakukan pengurangan pada beberapa pengeluaran yg tidak begitu penting.

2.        Budgeting

Budget dibutuhkan oleh setiap orang. Bagaimana anda dapat menentukan goal keuangan anda jika anda tidak memiliki budget? Dengan dibuatnya budget anda akan mengetahui kemana uang anda dihabiskan, berapa banyak yg perlu anda tabung untuk mencapai tujuan keuangan, dll.

3.       Bayar lunas kartu kredit anda

Salah satu hal yang membuat anda tidak mencapai kekayaan yang anda inginkan adalah kartu kredit. Kartu kredit seperti pedang bermata dua, di satu sisi kartu kredit berguna agar anda tidak perlu membawa banyak uang tunai. Tetapi di lain pihak, karena anda seperti merasa tidak mengeluarkan uang, kita menggesek dengan gampangnya. Terlepas dari apakah anda akan membayarnya lunas/ tidak, dan sering kali tidak membayarnya dengan lunas, sehingga berakibat adanya bunga yang perlu dibayar, yang bila dihitung dengan cermat, akan lebih murah bila membelinya tunai daripada dengan kartu kredit.

4.       Milikilah rencana menabung

Saya yakin anda sudah sering mendengar kata-kata ini “Pay yourself first !!!”. ungkapan ini banyak benarnya, karena jika anda membayar tagihan-tagihan anda terlebih dahulu dan menggunakannya sisanya untuk berbelanja. Pada akhir bulan, dipastikan  uang anda tidak ada sisanya. So, untuk menyiasati ini bayar diri anda terlebih dahulu dengan menyisihkan 5-10% dari gaji anda. Cara yang paling mudah untuk melakukan ini adalah dengan memakai program debet otomatis dari bank anda. Bank anda akan mendebet sejumlah uang sesuai dengan permintaan, pada tanggal yg anda tentukn pula ke rekening khusus/ investasi yang anda pilih.

5.       Berinvestasilah !!!

Jika anda menyimpan uang anda hanya di tabungan atau di deposito, uang anda tidak akan berkembang. Hal ini disebabkan besarnya bunga yang diberikan di tabungan/ deposito tidak sebanding dengan tingkat inflasi. So, anda perlu berinvestasi untuk mengembangkan uang anda. Ada berbagai macam sarana investasi mulai dari reksadana, saham, emas, dll. Silahkan pilih yang tepat sesuai dengan tujuan yang anda miliki, jangka waktu, return yang anda harapkan serta tingkat resiko yang anda bersedia tanggung.

6.       Teliti asuransi yang anda miliki

Diakui atau tidak, kadang anda membeli asuransi karena teman/ kenalan anda yang menawarkannya, sehingga anda tidak bisa menolak. Hal ini menyebabkan, asuransi yang anda beli tidak sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Beberapa kesalahan dalam memilih asuransi:  anda membeli asuransi jiwa, walaupun anda tidak memiliki tanggungan, anda memilih asuransi whole life daripada term life karena tidak ingin kehilangan uang diakhir periode, walaupun uang pertanggungan asuransi nya tidak sesuai dengan yang anda butuhkan. Apapun itu, cobalah review asuransi yang anda miliki, lihatlah berapa uang pertanggungan yang akan anda terima, apakah uang pertanggungan itu akan bisa mencukupi kebutuhan hidup orang-orang yang anda tinggalkan bila terjadi kematian.

7.       Catet !!!

Last but not least, lakukan pencatatan untuk segala pengeluaran dan pemasukan uang anda. So, anda mengetahui bagaimana uang anda terpakai, darimana saja sumber pemasukan anda, yang pada akhirnya anda akan mengerti bagaimana anda memanfaatkan uang.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: