Dana Darurat

Didalam rencana keuangan, dana darurat selalu ditempatkan sebagai  salah satu hal yang penting. Sebelum melangkah untuk  menghitung goal-goal keuangan, financial planner menghitung terlebih dahulu berapa dana darurat yang diperlukan oleh individu/ keluarga tersebut. Nah sebegitu pentingnya kah dana darurat itu ? yup PENTING BANGET.

Apa sih dana darurat itu ? Dana Darurat adalah dana yang perlu disiapkan untuk hal-hal yang tidak terduga. Contohnya perbaikan mobil, biaya pengobatan rumah sakit untuk kecelakan, atau pun  PHK yang terjadi secara tiba-tiba. Nah melihat kegunaan dari dana darurat ini maka untuk penyimpanan dana darurat haruslah yang bisa diambil secepatnya dan diatur, agar tidak tercampur dengan uang sehari-hari yang bisa keluar dengan gampangnya. Maka untuk penyimpanan dana darurat disarankan untuk dibagi-bagi  penyimpanan nya ada yang di kas, deposito, emas atau pun reksadana pasar uang.

Bagaimana dengan besarnya dana darurat. Untuk besarnya dana darurat, berbeda-beda untuk tiap orang, tergantung dari kebutuhan perbulan orang tersebut, tetapi panduannya adalah sebagai berikut:

Single  4x biaya hidup sebulan
Menikah  6x biaya hidup sebulan
Memiliki 1 anak   9x biaya hidup sebulan
Memiliki 2 anak atau lebih  12x biaya hidup sebulan
Freelancer/Self employed /Small Business Owner  à 12x biaya hidup sebulan

Melihat nilai besarnya dana darurat, tidak mudah untuk mengumpulkannya, tetapi dengan alokasi pendapatan, tujuan dana darurat pasti akan terwujud kok.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: