Rencana Diet = Rencana Keuangan

Apakah persamaan antara rencana diet dengan rencana keuangan, selain kata-kata rencana yang mengawalinya. …yang betul adalah proses dari kedua rencana tersebut. Yup…..antara rencana diet dan rencana keuangan mempunyai proses yang sama dengan tujuan agar keduanya bisa berjalan sukses.

So bagaimana agar proses perencanaan keuangan serta rencana diet dapat berjalan dengan sukses????

Plan and Prepare

Diet yang benar tidak dapat dilakukan mendadak, tetapi harus direncanakan. Seperti contohnya, ketika kita melihat angka timbangan naik atau melihat ketika melihat cermin dan melihat bentuk badan kita yang membesar, nah melihat itu semua kita langsung memutuskan untuk berdiet dengan tidak makan malam atau malah tidak sarapan…..walah….walah alhasil bila dilakukannya bukannya berat badan yang turun tapi malah masuk rumah sakit. Demikian juga dengan rencana keuangan, begitu kita mengetahui bahwa uang yang kita miliki tidak cukup untuk membeli IPAD kita langsung mengambil credit tanpa mempertimbangkan kemampuan kita untuk membayar credit tersebut.

So….bisa ditarik kesimpulan kalo rencana keuangan dan rencana diet sama….dua2 nya perlu perencanaan dan persiapan.

Tailored  made plan

Begitu kita berketetapan hati ingin melakukan diet, saatnya kita membuat rencana diet yang sesuai dengan keadaan tubuh kita, sehingga kemudian banyak timbul macam-macam buku tentang diet seperti diet golongan darah, diet daging, dll. Dan jangan lupa kalo rencana diet ini haruslah disesuaikan dengan keaddan tubuh kita agar terhindar dai hal-hal yang berbahaya.

Demikian pula dengan pembuatan rencana keuangan. Rencana keuangan A akan berbeda dengan rencana keuangan B, demikian juga rencana keuangan B tidak akan sama dengan rencana keuangan C. Hal ini karena setiap orang memiliki kepribadian dan keinginan yang berbeda-beda demikian juga dengan risk profile mereka.

Mengerti bagaimana rencana berjalan

Setelah membuat rencana, sesuai dengn kepribadian diri kita, the next step would be….membayangkan bagaimana ketika rencana tersebut dijalankan,contohnya dengan rencana diet adalah dengan membayangkan apa aja efek sampingnya. Untuk rencana keuangan kita perlu mengetaui karakter-karakter dari instrumen keuangan seperti mana instrumen yang bagus untuk dipegang untuk jangka panjang, mana yang jangka pendek.

Tetapkan target yang realistis

Target dari rencana haruslah realistis, contohnya jika anda menginginkan bentuk tubuh seperti umur 20 an padahal saat ini umur anda 50 tahun….hmmm sound impossible right J

Demikian juga dengan rencana keuangan, anda ingin mengisi hari-hari pensiun degan keliling dunia, tetapi sampai saat ini dimana anda usia anda udah 40 tahun anda masih menggantungkan dana pensiun pada dana Jamsostek. Soooo….tujuan dari rencana diet dan rencana keuangan haruslah realistic dan kita yakin bisa mencapainya.

Rencanakan dalam jangka panjang

Diet yang sukses biasanya tidak terjadi secara instan, sehingga pelaku diet perlu bersabar agar mencapai bentuk tubuh yang diinginkan. Demikan juga degan rencana keuangan, biasanya dalam waktu jangka pendek, rencana keuangan yang kita buat sepertinya berjalan di tempat tetapi bila dilakukan dalam jangka panjang hasil dari rencana keuangan tersebut akan terlihat.

Naah….gag beda jauh kan antara rencana diet and rencana keuangan so bisa donk kedua nya dilakukan bersamaan

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: