Easy Money from Deviden

Salah satu alasan orang berinvestasi di saham selain mendapatkan capital gain juga mendapatkan deviden.

Kapankah perusahaan mengeluarkan deviden biasanya perusahaan mengeluarkan setelah laporan keuangan keluar which is usually on April – Mei. Setelah laporan keuangan keluar, maka akan terlihat berapa banyak laba perusahaan serta rencana perusahaan ke depannya, termasuk rencana untuk bagi deviden.

Bagi investor, perusahaan yang mengeluarkan dividen, bisa dipandang perusahaan yang stabil. Kenapa demikian, karena dengan membagikan dividen, perusahaan tersebut mempunyai cashflow yang stabil serta tidak mengganggu rencana ekspansi perusahaan tersebut.

Dividen sendiri ada dua macam yaitu dividen tunai dan dividen saham. Dividen tunai merupakan dividen yang dibagikan dalam bentuk kas, sedangkan dividen saham merupakan dividen dalam bentuk penambahan saham.

Hal yang harus diperhatikan ketika perusahaan mengumumkan pembagian deviden adalah tanggal-tanggal yang menyertai pengumuman tersebut. Terdapat 3 tanggal penting ketika perusahaan mengumumkan pembagian deviden yaitu, cum date, ex date dan payment date.

Cum date adalah tanggal yang menunjukkan bahwa sampai dengan tanggal tersebut perdagangan atas suatu saham masih mengandung atau memiliki hak dividen.

Sedangkan ex date merupakan tanggal yang menunjukkan bahwa perdagangan saham yang dilakukan pada hari itu tidak lagi mengandung hak bagi pemegang saham.

Misalnya disebutkan bahwa cum date adalah 26 april 2012 dan ex date adalah 27 april 2012. Artinya, investor yang membeli saham emiten A pada 26 april 2012 memiliki hak atas dividen yang akan dibagi oleh emiten A tadi. Sedangkan investor yang membeli saham pada 27 April 2012 tidak lagi berhak atas dividen yang akan dibagikan.

Dari sisi investor jual, investor yang menjual saham A pada 26 april 2012 tidak lagi berhak atas dividen yang akan dibagikan emiten A. Investor yang menjual saham A pada 27 april 2012 masih memiliki hak untuk mendapatkan dividen karena pada 26 april 2012 ia masih tercatat sebagai pemegang saham emiten A.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam setiap pembagian deviden adalah terjadinya dividend effect, artinya, harga saham di bursa cenderung turun setelah dilakukan pembagian dividen. Dimana besaran nilai penurunan ini biasanya setara dengan nilai dividen yang dibagikan. Nah hal inilah yang tidak boleh dilupakan oleh investor yang tertarik untuk mendapatkan deviden.

About Luky_Handayani
enjoying life to the fullest ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: